Alumni Wapalhi Chapter Jabodetabek Trip Ke Baduy Dalam

ALUMNI WAPALHI CHAPTEE JABODETABEK TRIP TO BADUY DALAM =

Trip dilakukan pada tanggal 14~15 oktober 2023. Dari semua penjuru wilayah di jabodetabek dan ada 3 titik point untuk start Trip ke badui dalam, 1. Di st.tanah abang 2. Di st. Rangkasbitung 3. Terminal ciboleger ( baduy luar) bagi yang naik mobil pribadi.

Start dari titik point pertama Perjalanan dari st.tanah abang ke st.rangkasbitung ditempuh pakai KRL dalam waktu +- 1.45 jam.

Dari st.rangkasbitung melanjutkan perjalanan menggunakan ElF menuju ke terminal ciboleger ditempuh +- 1.40 jam..di terminal ciboleger semua team sdh berkumpul,melanjutkan simaksi & ke tempat rumah mang sardi sekeluarga (baduy luar) .dirumah mang sardi kami melakukan makan siang , prepare semua perlengkapan & perbekalan buat trip ke baduy dalam.

Kita start jam 14.15 wib dari baduy luar melalui via Danau dan dalam perjalan terakhir sampai di baduy dalam jam 19.00 wib karena medan yang naik turun sehingga harus menguras tenaga..alhamdulillah sudah sampai di baduy dalam kami tinggal di rumah JARO ( Wakil Ketua Adat suku baduy )..dirumah JARO kami membagi team. Ada yang bersih-bersih badan & ada yang mempersiapkan makan malam..sesudah semua nya siap disajikan kami rombongan Wapalhi makan bersama-sama keluarga JARO & pak arwan ( selaku guide kita). Sesudah kami makan malam, kami ngobrol santai dengan Pak JARO & pak Arwan mengenai kehidupan baduy dalam& baduy luar..kami banyak dapat cerita dari mereka mengenai baduy dalam dan luar ( Terima Kasih banyak ). Waktu sudah menunjukan jam +- 22.00 wib kami mulai mempersiapkan tempat buat istirahat malam.

( Istirahat malam yg nyenyak karena bener-bener jauh dari hiruk pikuk suara kehidupan modern) kehidupan yang sangat baik, jauh dari kemodern kehidupan sekarang, bener-bener hidup bersatu dengan alam.

Hari minggu pagi jam 04.00 wib rekan kami sudah ada yang bangun dan menikmatin suasana pagi hari di baduy dalam. 1 persatu rombongan pada bangun dan melakukan bersih-bersih badan habis istirahat malam & lanjut ada yg explore lingkungan baduy dalam dan ada yang mulai menyiapkan makan pagi..sesudah persiapan makan pagi sudah siap, kami rombongan melakukan makan pagi lagi bersama-sama dengan pak JARO & pak arwan..sesudah makan pagi & waktu menunjukan jam 09.00 wib kami melakukan bakti sosial bareng sama pak JARO sebagai penunjuk yang sudah lansia  ( lansia ada yang berusia lebih dari 100 tahun dan mayoritas usia 80an~ 90an th ), start jam 9.25 wib kami rombongan pamitan buat perjalanan pulang kembali ke baduy luar..disini kami melalui jalur via gasebo, perjalanan via gasebo ternyata melewatin banyak perkampungan baduy luar yang banyak penghuninya, kalau lewat danau Dandang hanya melewatin 3 desa baduy luar yang sedikit penghuni nya..diperjalanan via gasebo medannya sama naik turun lewatin perbukitan, kita melewati jembatan Tambayang sungai luas perbatasan baduy dalam & luar..tepat jam 15.00 wib kami sudah sampai di rumahnya mang sardi lagi dibaduy luar. Sesudah sampai kami disambut dengan kelapa muda untuk mengembalikan cairan tubuh yg keluar selama perjalanan. Sesudah bersih-bersih kami makan lagi di mang sardi & lanjut makan durian baduy..tidak terasa waktu sudah menunjukan jam 17.00 wib kami rombongan pamitan sama mang sardi sekeluarga dan masyarakat baduy luar..dan 17.15 wib kami start perjalanan dari terminal ciboleger menuju ke st.rangkasbitung untuk kembali lagi ke aktifitas kami masing-masing..( Terima kasih semua nya alumni Wapalhi Chapter jabodetabek & Terima kasih banyak juga donatur-donatur alumni wapalhi dalam Bakti Sosial di baduy dalam & luar ).