Gladi Posko 1 - Pendas Wapalhi XXVII

Wapalhi Polines Semarang - Gladi Posko 1 dalam rangkaian pendidikan dasar wapalhi ke 37 diselenggarakan pada 21 Oktober 2023 di Kampus Polines Semarang. 

Gladi Posko adalah Pembekalan pengetahuan dasar tentang alam bebas yang dilakukan di dalam kelas dan diluar kelas (Praktek).  Didalam gladi posko ini para siswa pendidikan diajarkan akan pentingnya sebuah pengetahuan yang perlu kita siapkan agar kita mampu beraktivitas di dalam kehidupan alam bebas nantinya.

Pada Gladi Posko 1 di lakukan pengajaran dengan 5 materi. yaitu 

1. Organisasi,

2. Lingkungan Hidup

3. Jurnalistik

4. Esensial

5. ORAD

Pada awal kegiatan dilakukan Upacara Pembukaan Pendidikan Dasar Wapalhi yang ke 37 dengan peserta upacara yang terdiri dari Pembina Wapalhi Bp Margana ,S.T, M.Eng. , Saudara tua wapalhi, Anggota Aktif Wapalhi dan Siswa Peserta pendas wapalhi yang berjumlah 31.

 

Pada Materi Organisasi Siswa Pendas Wapalhi. Pada Materi ini Siswa dikenalkan tentang wapalhi secara keseluruhan dari mulai apa itu organisasi wapalhi, struktur organisasi dan divisi apa saja yang ada di wapalhi. 


Dilanjutkan Dengan Materi Lingkungan hidup oleh Evi Heriyaningtyas, S.Hut. dari Balai Konservasi Sumberdaya alam ( BKSDA ) Jawa Tengah. 

 
Pada Materi selanjutnya di laksanakan pemaparan tentang Materi Jurnalistik yang di lakukan oleh KOMPAS TV. 


Selanjutnya setelah jeda istirahat dilakukan pengajaran meteri esensial. Essentials adalah inti, pokok penting, atau sesuatu yang mendasar dari olahraga alam bebas. Banyak sekali kegiatan petualangan di alam bebas yang digemari atau disukai oleh kebanyakan orang. Mulai dari kegiatan pendakian gunung, penelusuran gua, panjat tebing, bahkan melakukan suatu expedition atau traveling. Semua jenis kegiatan tersebut memerlukan persiapan yang matang, mengingat keadaan di alam terbuka menghadapkan kita pada berbagai kondisi dan situasi alam yang apabila tidak kita pahami dengan baik dapat membahayakan keselamatan kita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami essentials mulaidari perencanaan perjalanan, dan  perlengkapan serta perbekalan



Setelah materi esensial dilanjutkan materi Olahraga arus deras. materi Orad di pendidikan dasar 37 wapalhi di fokuskan pada olahraga arus jeram.


0 Comments