Founding Fathers Palapoli/Walhi/Wapalhi

Cikal Bakal berdirinya WALHI/WAPALHI: 


Politek Negeri Semarang sendiri awal mulanya merupakan bagian dari Universitas Diponegoro(UNDIP) yang berdiri tahun 1982. Undip waktu itu mendirikan program DIII Politeknik jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro (sumber: www.lib polines.ac.id)

Cikal bakal lahirnya Walhi berawal dari sekumpulan mahasiswa departermen (klo zaman now,jurusan) mesin,  yang melakukan pendakian di Gn. Merapi yang mereka sebut PALAPOLI (Pecinta Alam Politeknik ) sejumlah 9 orang antaralain : Buntoro, Aryanto (Poltek ITB), Harry Diputra, Triputro Dayanto (Alm), Budi Wicaksono, Rohmat, Budi, Sirajudin, Haris Zulkifli. Semua ME Poltek Undip '84.

Menurut Kang Buntoro : "Ini pendakian pertama Walhi, diinisiasi oleh dept.Mesin, Angkatan ke 2 dng dosen pembimbing pak Bambang Suryantoro (Dosen Dinamika) yang saat ini sdh alm. "

Sebenarnya selain 9 anggota yang mengawali pendakian di Merapi tahun 1984, masih ada anggota lain yang sebenarnya belum terecord di buku besar Wapalhi yang tercantum NIA(Nomer Induk Anggota) yaitu anggota yang mulai tahun 1983-1984, karena nama yang baru tercantum di NIA dimulai tahun 1985. Ada dosen2 Politek antaralain Pak Beta, Pak Sugeng dan Alm, Kang Iwan, yang gambar dan namanya diabadikan dalam kaos kegiatan TM 2015

Nama Wapalhi sendiri sebenarnya th 1983-1984 dikenal dengan nama Palapoli(Pecinta Alam Politeknik) yang belum terstruktur dlm organisasi kemudian baru 1985 menjadi WALHI (Wahana Lingkungan Hidup) dan mulai pembentukan organisasi dengan nama KABULA (KADAL BUAYA ULAR) dengan Kasuk/pimpinan pertama Kang Nanang "subuh" Kemudian tahun....karena kesamaan dengan Organisasi Lingkungan di jakarta, Nama WALHI diganti dengan WAPALHI (WAPALHI)




1 Comments

  1. JAYA JAYALAH WAPALHI
    JAYA JAYALAH WAPALHI
    KAU SELALU DIHATIKU
    TERUS MAJU WAPALHIKU
    TERUS MAJU WAPALHI
    UNTUK INDONESIA..

    Jaya terus wapalhi..
    Jangan pernah kau tanyakan apa yang negara berikan padamu,
    Tetapi tanyalah apa yang Kau berikan pada negaramu..

    ReplyDelete