Tradisi Ungaran WAPALHI

UKM WAPALHI merupakan suatu organisasi yang bergerak pada bidang olahraga alam bebas yang didirikan pada tanggal 04 Desember 1983. UKM WAPALHI mempunyai suatu tradisi untuk memperingati hari lahirnya yang dikenal dengan Tradisi Ungaran. Tradisi ini biasanya diadakan di wilayah Gunung Ungaran dengan berbagai acara seperti sarasehan semua anggota UKM WAPALHI baik aktif maupun nonaktif, pendakian Gunung Ungaran dan donor darah.

Kegiatan Tradisi Ungaran pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan mahasiswa berada di rumah. Hal ini awalnya memang menjadi kendala bagi UKM WAPALHI, namun kegiatan tersebut masih bisa diatasi dengan kegiatan yang lain seperti kegiatan Tradisi Ungaran secara online. Walaupun dilakukan secara online tetapi setidaknya masih dapat menjaga tradisi ini secara utuh. Kegiatan Tradisi Ungaran secara online berupa sarehan dan tanya jawab tentang sejarah UKM WAPALHI yang dilakukan melalui aplikasi video conference and meeting (zoom).

Kegiatan Tradisi Ungaran 2020 diikuti oleh semua anggota UKM WAPALHI baik aktif maupun nonaktif dan juga calon anggota. Tujuan utama dari Tradisi ini adalah memperkenalkan UKM WAPALHI kepada calon anggota UKM WAPALHI tahun 2020. Peserta dalam kegiatan Tradisi ini sebanyak 71 orang. Pendaftaran kegiatan ini dilakukan melalui formulir pendaftaran online berupa google form yang dipublikasikan para panitia melalui akun sosial media UKM WAPALHI maupun akun sosial media masing – masing.

Tradisi Ungaran 2020 terdiri dari sarasehan secara online via zoom dan bakti sosial. Sarasehan secara online dilaksanakan tanggal 12 Desember 2020 pukul 19.00 WIB. Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, para peserta diberikan link masuk 15 menit sebelumnya agar bisa mengikuti acara tersebut. Acara dibuka dengan sambutan ketua pelaksana, saudara tua, kepala suku dan pembina UKM WAPALHI serta Wakil Direktur bidang Kemahasiswaan. Setelah itu perkenalan dari seluruh anggota UKM WAPALHI mulai dari angkatan paling tua sampai anggota aktif dan tidak lupa perkenalan oleh calon anggota UKM WAPALHI 2020. Berbagai pertanyaan seputar UKM WAPALHI dan perkembangannya sekarang juga dilontarkan oleh seluruh peserta.

Kegiatan selanjutnya yaitu bakti sosial yang diadakan UKM WAPALHI dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2020 di Desa Promasan, Limbangan, Kendal. Bakti sosial yang disalurkan secara langsung oleh UKM WAPALHI untuk masyarakat Desa Promasan yang letaknya sulit dijangkau guna membantu memenuhi kebutuhan sehari-harinya berupa sembako sejumlah 21 paket dan alat kebersihan seperti sapu ijuk, sapu lidi, tempat sampah, pengki atau serokan, keset, sikat kamar mandi, pel lantai dan ember. Tidak lupa guna mencegah penyebaran rantai covid-19 ini UKM WAPALHI juga memberikan alat cuci tangan, handsanitizer dan masker medis. Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, UKM WAPALHI berharap masyarakat Desa Promasan dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta terhindar dari covid-19.


SUMBER : main.polines.ac.id

0 Comments